Monday, January 23, 2017

Willys Dan Seni Transportasi

Ditengah bertumbuhkembangnya dunia otomotif, dua orang sahabat justru tidak mau pindah ke lain hati dari kendaraan lawas yang mereka miliki. Seperti telah menyatu dengan kendaraan yang mereka miliki. Meski banyak orang yang menawarkan jenis kendaraan lainnya dan berharga jauh lebih mahal, namun mereka enggan untuk melepaskannya dari kehidupan mereka. Bahkan mereka mampu membuat banyak orang bersatu dalam sebuah pertemanan termasuk saya mendapatkan sebuah inspirasi untuk menulisnya. Entah kenapa ini terjadi.
Amid of growing automotive world, two friends of mine keep on their faith  do not want to change their older vehicles. Just like a man with his beloved machine. Although many people have offering to swap with other kinds of vehicles and worth much more expensive, but they are reluctant to let it go of their lives. In fact they were able to make a lot of people join together in a friendship including me who get an inspiration to write. Somehow it happened.
break3
The Art of Willys
Apakah mereka adalah pengagum sejarah atau terdapat nilai seni yang tinggi terkandung di dalam kendaraan yang mereka miliki. Dalam sejarah, yakni pada tahun 1941-1945: Willys merilis model MB.  Kendaraan Ini adalah kendaraan pelintas batas yang bisa beroperasi dan melakukan apa saja tidak terkendala oleh medan yang pada waktu itu tergolong sangat susah untuk dilalui. Kemudian mobil tersebut lebih dikenal dengan julukan “Jeep”. Model jenis ini sangat populer selama perang dunia II. Saat itu Willys bisa menghasilkan lebih dari 300.000 model MB. Entah kenapa salah satu mobil tersebut masih ada ditangan mereka dengan originalitas yang sempurna. Mungkin saja mobil tersebut adalah sebuah warisan atau sebuah peninggalan sejarah yang biasanya ditemukan di beberapa museum sebagai kenangan lebih menghargai pengendara atau pemiliknya.
Whether they are  history admirers, or there is a high artistic value contained in the vehicle that they have. In history, as in 1941-1945: Willy's MB models released. This vehicle was a vehicle that cross-border operated  and whatever did not constrain by the field at that time which considered  very difficult to pass. Then the car is better known by the nickname of "Jeep". Models of this type was very popular during The World War II. When Willy's could produce more than 300,000 models of MB. Somehow one of the car is still in their hands with perfect originality. Maybe the car is an inheritance or a relic of history that are usually found in several museums as more to appreciate the rider or owner.
break1
The Art Of Willys
Warisan memiliki makna menurut kaidah bahasa adalah ‘berpindahnya sesuatu benda berharga dari seseorang kepada orang lain’. Atau dari suatu kaum kepada kaum lainnya. Harta Warisan berupa peninggalan bersejarah adalah sesuatu yang ditinggalkan oleh orang yang pernah hidup bersama-sama dalam suatu tempat, baik berupa uang atau materi lainnya dan memiliki nilai sejarah.
Inheritance has meaning which is according to the rule of language is 'the transfer of something precious  from one person to another'. Or of people to other people. Inheritance is a form of historic relics  left by people who have lived together in one place, either in the form of money or other material and has a historical value.
sang-pengagum-seni1
The Art Of Willys
Mereka tidak hanya mengoleksinya, melainkan memiliki pengetahuan yang bagus akan kendaraannya sehingga mampu merestorasi sesuai dengan keadaan aslinya begitu pula pada kekuatan mesinnya yang masih sempurna. Merupakan sebuah keindahan bagi mereka berjalan-jalan dengan mobil mereka dan bukan untuk liburan saja, pada saat bekerjapun mereka bangga mengendarainya. Tak heran akhirnya banyak mata kagum melihatnya. Sebuah perpaduan sejarah dan seni dan sudah pasti para pengagum seni ingin memilikinya.
They are not only collecting, but has a good knowledge on which causing ability to restore the vehicle  according to their original state till the power of the engine is still perfect. Is a beauty for them to travel around with  and it is not for holidays only, at the time of their daily jobs then they proud to drive. No wonder then finally many eyes  admiring it. A blend of history and art and art lovers certainly want to own it.
sang-pengagum-seni
Pengagum Willys
Dan para pengagum seni akhirnya dapat disatukan menjadi sebuah wujud persahabatan yang sejati tanpa memandang status sosial dan golongan. Dan mereka siapa saja yang menyukainya, boleh dikatakan sebagai pengagum seni. Sebuah istilah subyektif yang merujuk kepada seseorang yang kreatif, atau inovatif, atau mahir dalam hal menjaga sebuah keindahan.
And the art lovers ultimately incorporated into manifestation of true friendship regardless of social status and class. And those who like it, may be regarded as an art lovers. A subjective term that refers to someone who is creative, or innovative, or adept in terms of maintaining a beauty.




Ketut Rudi (Also from many sources)
Photos taken from Andarmuji Aan's Facebook Account by Wendy Portnoy
Models : Albert Ibrahim, Andarmuji Aan And Jakarta American Jeep Comunity
Featuring : Nanan Soekarna. Who also love Willys as an Art

No comments:

Post a Comment